[Bidper RSUD AL IHSAN]
Tentang Kami
Visi dan Misi
Struktur Organisasi
Kerja Sama
 
Kegiatan
Berita Terbaru
 
Artikel
Kesehatan
 
Informasi
Jadwal Poli
 
Home

 

Selamat Datang di WebSite Bidang Keperawatan

RSUD AL IHSAN

 

Bidang Keperawatan

 

Berdiri sejak tahun 1995 dengan tugas dan fungsi untuk merencanakan, mengorganisasikan, menggerakan dan melakukan evaluasi pelayanan Keperawatan. Tenaga di Bidang keperawatan pada awalnya sebanyak 2 orang dan saat ini berjumlah 8 orang.

 

Orang yang pertama memimpin Bidang Keperawatan adalah H. Rochup, BSc.(1995 - 1998) kemudian berturut-turut Muchdar (1998), Maria Komariah, S.Kep (1998 1999), Yani Maryani, AMK (1999 2000), Dadan Ginanjar, AMK (2000 2004) dan Yani Maryani, S.Kep,Ns (2004 sekarang).

 

Bidang Keperawatan membawahi KSF. Etika & Logistik Keperawatan yang saat ini dipimpin oleh Titik Herawati, AMK membawahi Unit CSSD dan Loundry dan KSF. Asuhan Keperawatan dan Pengembangan Profesi yang dipimpin oleh H. Cecep Supriatna, AMK yang membawahi Tim Klinikal Instruktur. dibantu oleh 1 orang administrasi dan 4 orang Supervisor Keperawatan.

 

Visi

:

Memberikan asuhan keperawatan yang komprehensif didasari keimanan kepada Allah SWT dalam mendukung terwujudnya RS Islam yang modern dan mandiri dengan unggulan traumatic center dan kesehatan industri yang bernuansa Islami.

 

 

 

Misi

:

1.        Mensyiarkan Islam dalam kerangka pelayanan keperawatan yang komprehensif.

2.        Memunculkan sikap sidiq, amanah, fatonah dan tablig untuk memberikan asuhan keperawatan demi tercapainya kepuasan pasien.

3.        Mengoptimalkan pelayanan keperawatan dengan memiliki dan meningkatkan SDM, fasilitas serta sarana keperawatan dalam rangka menunjang peningkatan kualitas pelayanan rumah sakit.

 

Tujuan

 

Umum

      Dicapainya pelayanan keperawatan komprehensif yang Islami dalam upaya meningkatkan kesehatan, pencegahan penyakit, perawatan dan pemulihan kesehatan sesuai dengan wewenang dan tangung jawabnya didasari etik keperawatan Islami dengan senantiasa memelihara dan meningkatkan kemampuan SDM perawat, memperhatikan fasilitas keperawatan melalui penggunaan secara efektif dan efisien untuk meningkatkan mutu pelayanan keperawatan kepada masyarakat.

 

Khusus

      Dicapainya asuhan keperawatan dengan metode proses keperawatan.

      Dilaksanakannya peningkatan kemampuan teknis dan ilmiah SDM perawat melalui pendidikan dan pengembangan staf berkesinambungan.

      Dicapainya jumlah SDM perawat sesuai dengan standar RS.

      Dilaksanakannya etika keperawatan dalam tuntunan Islam.

      Dicapainya kuantitas dan kualitas pengadaan, pendistribusian, pemakaian, pemeliharaan, pengawasan dan pengendalian.

      Dilaksanakannya penyuluhan kesehatan dalam upaya prventif dan promotif serta pengembangan home care.

 

 

Saat ini tenaga keperawatan yang ada di RSI Al Ihsan adalah 219 orang, apabila digolongkan menurut latar belakang pendidikannya adalah sebagai berikut :

      SPK / SPRG

      Bidan

      D.3 Keperawatan

      S.1 Keperawatan

:

:

:

:

29 orang

8 orang

180 orang

2 orang

 

 

<Unit EDP>

 

 

2010 RSUD AL IHSAN